Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.
sebelumnya saya minta maaf karena balam penulisan kali ini agak berantakan, masalahnya saya masih belum punya banyak waktu untuk mengedit semuanya. Lamgsung saja Buat teman-teman yang ingin mencari contoh RPP dengan model pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran koperatif silahkan lihat saja silabus berikut ini.
1. Model : Pembelajaran
Berbasis Masalah
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan : 11
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
A.
Kompetensi
Dasar
1.6 Menentukan
gradient, persamaan, dan garfik garis lurus
B.
Indikator
Pencapaian
1.
Mengenal persamaan
garis lurus dalam berbagai bentuk dan variable
2.
Menggambar sketsa
grafik garis pada koordinat kartesius
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengenal persamaan garis lurus dalam
berbagai bentuk dan variable
2. Peserta didik dapat menggambar sketsa grafik
garis pada koordinat kartesius
D.
Materi
Ajar
3. Materi : Persamaan Garis Lurus
4. Sub
Materi : 1. Mengenal persamaan
garis lurus dalam berbagai
bentuk
dan variabel
2. Menggambar sektsa grafik garis pada koordinat
kartesius.
F.
Sumber
Ajar / Media Pembelajaran
1. Sumber :
a. Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas
VIII, karangan Drs. Sukino dan Drs. Wilson Simangungsong hal. 97-103
b. Buku referensi lain.
2. Alat :
d.
Laptop
e.
LCD
f.
OHP
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Model : Pembelajaran Berbasis Masalah
2. Pendekatan : Pemecahan
Masalah, Problem posing.
3.
Metode : Penemuan terbimbing, diskusi,dan pemberian tugas
Skenario Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (
a.
Guru
memulai rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh
peserta didik.
b.
Guru
mengabsen peserta didik
Fase 1 : Orientasi
Siswa Pada Masalah (
a.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran (KD dan indicator), sedangkan peserta didik mendengarkan
dengan seksama tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
b.
Guru memotivasi peserta
didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini
c.
Guru mengajukan masalah
bagaimana cara menggambar grafik fungsi pada koordinat kartesius
2.
Kegiatan
Inti (
Fase II : Mengorganisasikan
siswa untuk belajar(
a. Mengorganisasikan
peserta didk secara individu sebelum menyelesaikan masalah yang telah
dikemukakan.
Fase
III : Membimbing penyelidikan individul
maupun kelompok (
a.
Guru
memberikan tugas kepada semua peserta didik secara individual menyelesaikan
masalah tersebut dengan membuat handout
b.
Dengan
bantuan buku paket guru membimbing peserta didik untuk meyelesaikan tugas
mengenal dan memahami bentuk-bentuk persamaan garis lurus (bentuk y = mx, y =
mx +c, dan ax + by + c = 0), serta cara menggambar grafik fungsinya dalam
koordinat kartesius. Materi hal. 97-102.
Fase
IV : Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya (
a.
Guru
meminta kepada peserta didik untuk menyetor handout hasil penyelesaian masalah
yang diberikan.
b.
Guru
memberikan 2 soal quis secara tertulis,
berdasarkan materi atau masalah yang telah diberikan
Fase
V : Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah (
a.
Guru
memberikan kesempatan kepada 2 orang peserta didik yang mampu mengerjakan dan
menjelaskan didepan kelas jawaban soal
kuis yang telah diberikan
b.
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan ataupun
tanggapan atas penyelesaian soal dipapan tulis.
3. Kegiatan
Akhir (
a.
Guru
bersama peserta didik membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b.
Guru
memberikan PR (Pekerjaan Rumah) kepada peserta didik Latihan 1 dan Latihan 2
hal. 98 dan 103.
c.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik mengenai subpokok bahasan yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
d.
Guru
memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar
e.
Guru
menutup rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh
peserta didik.
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses :
a.
Perhatian
peserta didik dalam menerima materi pelajaran
b.
Keaktifan
peserta didik bertanya dan mengeluarkan pendapat
c.
Keaktifan
peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas
d.
Keaktifan
dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tugas dipapan tulis
2.
Penilaian
Hasil :
a.
Nilai
dari tugas handout yang diberikan
b.
Nilai
peserta didik berdasarkan PR yang telah diberikan.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 1
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
A.
Kompetensi
Dasar
1.1 Melakukan
operasi aljabar
B.
Indikator
Pencapaian
1. Menyelesaikan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar
2. Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan
pecahan bersusun
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menyelesaikan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan
pecahan bentuk aljabar
2. Peserta didik
dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun
D.
Materi
Ajar
1. Materi : Faktorisasi Suku Aljabar
2. Sub
Materi : 3. Menyelesaikan operasi
pecahan dalam bentuk aljabar
F.
A.
Sumber
Ajar / Media Pembelajaran
1. Sumber :
a. Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas
VIII, karangan Drs. Sukino dan Drs. Wilson Simangungsong hal. 33-41
b. Buku referensi lain.
2. Alat :
a.
Laptop
b.
LCD
c.
OHP
B.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Model : Pengajaran Langsung
2. Pendekatan : pemecahan
Masalah
3. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
Skenario Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (
a.
Guru
memulai rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh
peserta didik.
b.
Guru
mengabsen peserta didik
Fase
1 : Penyampaian tujuan dan
mempersiapkan siswa (
a.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran (KD dan indicator), sedangkan peserta didik mendengarkan
dengan seksama tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
b.
Guru memotivasi peserta
didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini
c.
Guru mempersiapkan peserta
didik untuk belajar
2.
Kegiatan
Inti (
Fase
II : Demonstrasi dan penyajian
pengetahuan dan keterampilan(
a.
Guru memberikan
stimulus berupa pemberian materi mengenai cara menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk
aljabar, serta meteri tentang cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan
pecahan bersusun.
b.
Peserta
didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika SMP Kelas VIII hal. 33-35 mengenai cara menyelesaikan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan
pecahan bentuk aljabar. Dan hal. 36-38 tentang cara menyerdehanakan pecahan
bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
c.
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh soal dalam buku paket
pada hal. 33-38 mengenai cara
menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar dan cara menyerdehanakan
pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
Fase III : Membimbing Pelatihan (
a.
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau beberapa orang peserta didik mempresentasikan
dipapan tulis mengenai cara
menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar dan cara
menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun. Sedangkan guru memberikan arahan jika peserta didik
mengalami kesulitan.
b.
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal dari “Latihan 14 dan latihan 15“ dalam buku
paket hal. 35-36 dan hal. 39-41 mengenai cara menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk
aljabar dan cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
Fase
IV : Mengecek Pemahaman dan
Memberikan Umpan Balik (
a.
Guru
memberikan kesempatan kepada beberapa orang peserta didik untuk
mempresentasekan hasil latihan soal-soal buku paket Matematika SMP kelas VIII
hal. 35-36 dan hal. 39-41 dipapan tulis,
dengan arahan bila terjadi kesalahan.
b.
Guru
memberikan umpan balik atas perkembangan pemahaman peserta didik terhadap
materi telah dipelajari
Fase
V : Pelatihan Lanjutan /
Penerapan (
a.
Guru
memberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal latihan dalam buku paket pada
hal. 35-36 dan hal. 39-41 yang belum terselesaikan atau dibahas
dikelas.
3. Kegiatan
Akhir (
a.
Guru
bersama peserta didik membuat rangkuman
materi yang telah dipelajari
b.
Guru
mengingatkan kembali peserta didik tentang Pekerjaan Rumah yang merupakan
bentuk pelatihan lanjutan dari materi yang telah diajarkan.
c.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik mengenai pokok bahasan yang akan dibahas
pada pertemuan berikutnya
d.
Guru
memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar
e.
Guru
menutup rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh
peserta didik.
C.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses :
a.
Perhatian
peserta didik dalam menerima materi pelajaran
b.
Keaktifan
peserta didik bertanya dan mengeluarkan pendapat
c.
Keaktifan
peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas
d.
Keaktifan
dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal dipapan tulis
2.
Penilaian
Hasil :
a.
Nilai
dari tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik
b.
Nilai
PR yang diberikan
Model : Pembelajaran
Kooperatif
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
bentuk aljabar, relasi, dan persamaan garis lurus
A.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menguraikan bentuk aljabar kedalam
factor-faktornya
B.
Indikator
Pencapaian
4. Menguraikan bentuk aljabar kedalam
factor-faktornya
C.
Tujuan
Pembelajaran
4. Peserta didik dapat menguraikan bentuk
aljabar kedalam factor-faktornya
D.
Materi
Ajar
1. Materi : Faktorisasi Suku Aljabar
2. Sub
Materi : 4. Menentukan
factor-faktor suku aljabar
E.
Sumber
Ajar / Media Pembelajaran
1. Sumber :
a. Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas
VIII, karangan Drs. Sukino dan Drs. Wilson Simangungsong hal. 22-32
b. Buku referensi lain.
2. Alat :
a.
Laptop
b.
LCD
c.
OHP
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Model : Pembelajaran Kooperatif
2. Pendekatan : Pemecahan
Masalah, Problem Posing.
3. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
Skenario Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (
No
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Karakter
|
1.
2.
|
Guru memulai rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan
salam dan dijawab oleh peserta didik.
Guru mengabsen peserta didik
|
Menjawab salam
Mendengarkan dengan
baik
|
Cinta Allah, hormat,
toleransi, dan santun
Kemandirian dan tanggung jawab
|
Fase
1 : Penyampaian tujuan dan memotivasi
siswa (
|
|||
1.
2.
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
(KD dan indicator)
Guru memotivasi peserta didik dengan
memberi penjelasan tentang pentingnya
mempelajari materi ini
|
Mendengarkan dengan
seksama.
Mendengarkan dengan
seksama.
|
Kemandirian dan
tanggung jawab
Percaya diri,
kreatif, dan bekerja keras
|
2.
Kegiatan
Inti (
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Karakter
|
Fase
II : Menyajikan informasi atau materi
pelajaran(
|
|||
1.
2.
3.
|
Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi pelajaran oleh guru mengenai cara memfaktorkan suku
aljabar bentuk ax + by serta cara
memfaktorkan bentuk selisih dua
kuadrat berdasarkan materi pada buku paket hal.22-24
Guru memberikan stimulus atau penjelasan materi
mengenai cara memfaktorkan bentuk
Guru dan peserta didik bersama-sama mendiskusikan
contoh-contoh soal pada buku paket mengenai materi yang telah
dijelaskan
|
Mendengarkan penjelasan guru
Mendengarkan penjelasan guru
Mendengarkan penjelasan guru, serta aktif dalam
berdiskusi.
|
Kemandirian, tanggung jawab
Kemandirian
dan tanggung jawab
Percaya diri, kreatif, dan kerja keras
|
Fase III : Mengorganisasikan siswa
kedalam kelompok-kelompok belajar (
|
|||
1.
|
Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok
yang beranggotakan 4-5 orang dan menjelaskan kepada peserta didik hal apa
saja yang harus mereka siapkan dan kerjakan dalam kegiatan tersebut dan
menjelaskan bagaimana caranya bekerja sama dalam kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
|
Membentuk kelompok-kelompok belajar berdasarkan arahan
guru
|
Dermawan, suka menolong, gotong royong, toleransi, bekerja
sama, dan keadilan
|
Fase IV : Membimbing kelompok bekerja dan belajar (
|
|||
1.
2.
|
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk
mengerjakan beberapa soal latihan 11, latihan 12, dan latihan 13 secara
berkelompok.
Guru membimbing dan membantu setiap kelompok jika
mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas.
|
Mengerjakan tugas kelompok dengan baik
Bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dan
mendengarkan bimbingan dengan baik
|
Tanggung jawab, suka menolong, gotong royong,
toleransi, baik hati, rendah diri, jujur dan bekerja sama
Hormat, santun, dan pemberani
|
Fase V : Evaluasi
(
|
|||
1.
2.
3.
4.
|
Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya,
guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk
mempresentasikan jawaban berdasarkan hasil diskusi kelompok dengan diwakili
oleh salah seorang anggota kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan
masing-masing 2 soal, agar tidak terjadi pengulangan pembahasan soal yang
sama
Guru yang berperan sebagai moderator, motivator, dan
fasilitator memberikan kesempatan
kepada kelompok lain yang memiliki
jawaban berbeda agar memberikan tanggapan.
Guru bersama dengan peserta didik mendiskusikan soal
yang memiliki jawaban yang berbeda tersebut, hingga menghasilkan kesepakatan.
Setelah kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok
selesai, guru meminta kepada masing-masing kelompok untuk megumpulkan jawaban
hasil diskusi dalam bentuk tertulis.
|
Salah seorang anggota kelompok dari masing-masing
mempresentasikan hasil diskusi. Sedangkan, peserta didik lainya mendengarkan
dengan seksama
Salah seorang anggota kelompok dari kelompok yang
memiliki jawaban berbeda, menyampaikan tanggapannya, dan peserta didik lainya
mendengarkan dengan seksama
Berdiskusi
Setiap kelompok mengunpulkan hasil diskusinya
|
Bertanggung Jawab, pemberani, percaya diri, dan
kepemimpinan
Kritis dan kreatif terhadap materi yang disajikan
ProAktif dan bekerja keras
Bertanggung jawab dan kejujuran
|
3. Kegiatan
Akhir (
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Karakter
|
Fase VI : Memberikan Penghargaan
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Guru memberikan penghargaan pada setiap kelompok dan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menegaskan bahwa kesimpulan dari hasil
diskusi kelas yang baru dilakukan adalah intisari atau rangkuman dari materi
pelajaran yang baru dipelajari
Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada peserta
didik dari soal-soal latihan 11, latihan 12, dan latihan 13 yang belum diselesaikan dan
dibahas dikelas.
Guru menginformasikan kepada peserta didik mengenai subpokok bahasan yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya
Guru memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar
Guru menutup rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan
salam dan dijawab oleh peserta didik.
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Mendengarkan tugas yang diberikan
Mendengarkan informasi yang diberikan
Mendengarkan motivasi yang diberikan
Menjawab salam
|
Rasa percaya diri, tanggung jawab dan kejujuran
Kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, dan bijaksana
Keinginan untuk belajar, hormat, santun, kemandirian,
tanggung jawab
Rasa percaya diri, bakerja keras, tanggung jawab
Cinta Allah, toleransi, hormat dan santun
|
G.
Penilaian
a.
Teknik : Tes
b.
Bentuk Instrumen : Pertanyan
tertulis uraian
c.
Prosedur Penilaian
·
Penilaian Kelompok : Kerjasama
dalam kelompok dan
kemampuan
peserta didik untuk mempresentasekan hasil kerja kelompok
·
Penilaian Individu : Keaktifan
peserta didik dalam kelompok dan
mengerjakan dengan baik tugas yang
diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar