Pages

Ads

Rabu, 28 Desember 2011

RPP dengan model Pembelajaran Kooperatif, Pengajaran Langsung, dan Pembelajaran Berbasis Masalah


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.
sebelumnya saya minta maaf karena balam penulisan kali ini agak berantakan, masalahnya saya masih belum punya banyak waktu untuk mengedit semuanya. Lamgsung saja Buat teman-teman yang ingin mencari contoh RPP dengan model pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran  koperatif silahkan lihat saja silabus berikut ini.


 1. Model                   :      Pembelajaran Berbasis Masalah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                 :      SMP
Mata Pelajaran                      :      Matematika
Kelas / Semester                   :      VIII / 1
Pertemuan                             :      11
Alokasi Waktu                      :      2 x 40 menit
Standar Kompetensi            :      1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
A.                Kompetensi Dasar
1.6     Menentukan gradient, persamaan, dan garfik garis lurus
B.                   Indikator Pencapaian
1.         Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variable
2.         Menggambar sketsa grafik garis pada koordinat kartesius
C.                  Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik  dapat mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variable
2.    Peserta didik dapat menggambar sketsa grafik garis pada koordinat kartesius
D.                Materi Ajar
3.      Materi                   :      Persamaan Garis Lurus
4.      Sub Materi            :      1.   Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai
                                          bentuk dan variabel
2.   Menggambar sektsa grafik garis pada koordinat
      kartesius.
F.                 Sumber Ajar / Media Pembelajaran
            1.    Sumber :  
a.  Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VIII, karangan Drs. Sukino dan Drs. Wilson Simangungsong hal. 97-103
                   b.  Buku referensi lain.
2.   Alat :
d.    Laptop
e.     LCD
f.     OHP
G.               Kegiatan Pembelajaran
1.      Model                   :      Pembelajaran Berbasis Masalah
2.      Pendekatan           :      Pemecahan Masalah, Problem posing.
3.        Metode                :      Penemuan terbimbing, diskusi,dan pemberian tugas                   
Skenario Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (
a.       Guru memulai rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh peserta didik.
b.      Guru mengabsen peserta didik
Fase 1 :      Orientasi Siswa Pada Masalah  (
a.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indicator), sedangkan peserta didik mendengarkan dengan seksama tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
b.        Guru memotivasi peserta didik dengan memberi  penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
c.         Guru mengajukan masalah bagaimana cara menggambar grafik fungsi pada koordinat kartesius
2.      Kegiatan Inti  (  
Fase II :     Mengorganisasikan siswa untuk belajar(
a.       Mengorganisasikan peserta didk secara individu sebelum menyelesaikan masalah yang telah dikemukakan.

Fase III :   Membimbing penyelidikan individul maupun kelompok (
a.       Guru memberikan tugas kepada semua peserta didik secara individual menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat handout
b.       Dengan bantuan buku paket guru membimbing peserta didik untuk meyelesaikan tugas mengenal dan memahami bentuk-bentuk persamaan garis lurus (bentuk y = mx, y = mx +c, dan ax + by + c = 0), serta cara menggambar grafik fungsinya dalam koordinat kartesius. Materi hal. 97-102.
Fase IV :   Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (
a.         Guru meminta kepada peserta didik untuk menyetor handout hasil penyelesaian masalah yang diberikan.
b.        Guru memberikan 2 soal quis secara  tertulis, berdasarkan materi atau masalah yang telah diberikan
Fase V :          Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (
a.       Guru memberikan kesempatan kepada 2 orang peserta didik yang mampu mengerjakan dan menjelaskan didepan kelas  jawaban soal kuis yang telah diberikan
b.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan ataupun tanggapan atas penyelesaian soal dipapan tulis.
3.      Kegiatan Akhir (
a.       Guru bersama peserta didik  membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.      Guru memberikan PR (Pekerjaan Rumah) kepada peserta didik Latihan 1 dan Latihan 2 hal. 98 dan 103.
c.       Guru menginformasikan kepada peserta didik mengenai subpokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
d.      Guru memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar
e.       Guru menutup rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh peserta didik.
H.          Penilaian
1.     Penilaian Proses :
a.         Perhatian peserta didik dalam menerima materi pelajaran
b.        Keaktifan peserta didik bertanya dan mengeluarkan pendapat
c.         Keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas
d.        Keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tugas dipapan tulis
2.   Penilaian Hasil :
a.         Nilai dari tugas handout yang diberikan
b.        Nilai peserta didik berdasarkan PR yang telah diberikan.


2.  Model                   :      Pengajaran Langsung

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                 :      SMP
Mata Pelajaran                      :      Matematika
Kelas / Semester                   :      VIII / 1
Pertemuan                             :      3
Alokasi Waktu                      :      2 x 40 menit
Standar Kompetensi            :      1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
A.                Kompetensi Dasar
1.1  Melakukan operasi aljabar
B.                 Indikator Pencapaian
1.   Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar
2.   Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun
C.                Tujuan Pembelajaran
1.   Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar      
2.   Peserta didik  dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun
D.                Materi Ajar
1.      Materi                   :      Faktorisasi Suku Aljabar
2.     Sub Materi            :    3.   Menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar                       
F.               
A.                Sumber Ajar / Media Pembelajaran
            1.    Sumber :  
a.  Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VIII, karangan Drs. Sukino dan Drs. Wilson Simangungsong hal. 33-41
                   b.  Buku referensi lain.
2.   Alat :
a.     Laptop
b.    LCD
c.     OHP
B.                 Kegiatan Pembelajaran
1.      Model                   :      Pengajaran Langsung
2.      Pendekatan           :      pemecahan Masalah
3.      Metode                 :      Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas      
Skenario Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (
a.       Guru memulai rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh peserta didik.
b.      Guru mengabsen peserta didik
Fase 1 :      Penyampaian tujuan dan mempersiapkan siswa (
a.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indicator), sedangkan peserta didik mendengarkan dengan seksama tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
b.        Guru memotivasi peserta didik dengan memberi  penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
c.         Guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar
2.      Kegiatan Inti  (  
Fase II :     Demonstrasi dan penyajian pengetahuan dan keterampilan(
a.       Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar, serta meteri tentang cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
b.      Peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VIII hal. 33-35 mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar. Dan hal. 36-38 tentang cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
c.       Guru dan peserta didik secara bersama-sama membahas contoh soal dalam buku paket pada hal. 33-38   mengenai cara menyelesaikan  operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar dan cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
Fase III :         Membimbing Pelatihan (
a.       Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau beberapa orang peserta didik mempresentasikan dipapan tulis  mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar dan cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun. Sedangkan guru memberikan arahan jika peserta didik mengalami kesulitan.
b.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Latihan 14 dan latihan 15“ dalam buku paket hal. 35-36 dan hal. 39-41 mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar dan cara menyerdehanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
Fase IV :   Mengecek Pemahaman dan Memberikan Umpan Balik (
a.         Guru memberikan kesempatan kepada beberapa orang peserta didik untuk mempresentasekan hasil latihan soal-soal buku paket Matematika SMP kelas VIII hal. 35-36 dan hal. 39-41  dipapan tulis, dengan arahan bila terjadi kesalahan.
b.        Guru memberikan umpan balik atas perkembangan pemahaman peserta didik terhadap materi telah dipelajari
Fase V :          Pelatihan Lanjutan / Penerapan (
a.       Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. 35-36 dan hal. 39-41    yang belum terselesaikan atau dibahas dikelas.
3.      Kegiatan Akhir (
a.       Guru bersama peserta didik  membuat rangkuman materi yang telah dipelajari
b.      Guru mengingatkan kembali peserta didik tentang Pekerjaan Rumah yang merupakan bentuk pelatihan lanjutan dari materi yang telah diajarkan.
c.       Guru menginformasikan kepada peserta didik mengenai pokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
d.      Guru memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar
e.       Guru menutup rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh peserta didik.
C.          Penilaian
1.     Penilaian Proses :
a.         Perhatian peserta didik dalam menerima materi pelajaran
b.        Keaktifan peserta didik bertanya dan mengeluarkan pendapat
c.         Keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas
d.        Keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal dipapan tulis
2.   Penilaian Hasil :
a.         Nilai dari tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik
b.        Nilai PR yang diberikan



 Model                   :      Pembelajaran Kooperatif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan               :      SMP
Mata Pelajaran                     :      Matematika
Kelas / Semester                    :      VIII / 1
Pertemuan                             :      4
Alokasi Waktu                      :      2 x 40 menit
Standar Kompetensi            :      1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, dan persamaan garis lurus
A.                Kompetensi Dasar
1.2  Menguraikan bentuk aljabar kedalam factor-faktornya
B.                 Indikator Pencapaian
4.    Menguraikan bentuk aljabar kedalam factor-faktornya
C.                Tujuan Pembelajaran
4.   Peserta didik dapat menguraikan bentuk aljabar kedalam factor-faktornya
D.                Materi Ajar
1.      Materi                   :      Faktorisasi Suku Aljabar
2.      Sub Materi            :      4.   Menentukan factor-faktor suku aljabar
E.                 Sumber Ajar / Media Pembelajaran
            1.    Sumber :  
a.  Buku paket, yaitu buku Matematika SMP Kelas VIII, karangan Drs. Sukino dan Drs. Wilson Simangungsong hal. 22-32
                   b.  Buku referensi lain.
2.   Alat :
a.     Laptop
b.    LCD
c.     OHP
F.                 Kegiatan Pembelajaran
1.      Model                   :      Pembelajaran Kooperatif
2.      Pendekatan           :      Pemecahan Masalah, Problem Posing.
3.      Metode                 :      Ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas                  
Skenario Pembelajaran

1.      Kegiatan Awal (
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Karakter
1.




2.
Guru memulai rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh peserta didik.


Guru mengabsen peserta didik
Menjawab salam




Mendengarkan dengan baik
Cinta Allah, hormat, toleransi,  dan santun

Kemandirian dan tanggung   jawab
Fase 1 :    Penyampaian tujuan dan memotivasi siswa (
1.



2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indicator)


Guru memotivasi peserta didik dengan memberi  penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
Mendengarkan dengan seksama.


Mendengarkan dengan seksama.

Kemandirian dan tanggung   jawab

Percaya diri, kreatif, dan bekerja keras



2.      Kegiatan Inti  (  
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Karakter
Fase II :   Menyajikan informasi atau materi pelajaran(
1.






2.






3.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi pelajaran oleh guru mengenai cara memfaktorkan suku aljabar bentuk ax + by  serta cara memfaktorkan  bentuk selisih dua kuadrat berdasarkan materi pada buku paket hal.22-24

Guru memberikan stimulus atau penjelasan materi mengenai cara memfaktorkan bentuk  dan cara memfaktorkan bentuk  berdasarkan materi pada buku paket hal.26-33

Guru dan peserta didik bersama-sama mendiskusikan contoh-contoh soal  pada buku paket mengenai materi yang telah dijelaskan
Mendengarkan penjelasan guru





Mendengarkan penjelasan guru





Mendengarkan penjelasan guru, serta aktif dalam berdiskusi.

Kemandirian, tanggung jawab




Kemandirian dan tanggung   jawab




Percaya diri, kreatif, dan kerja keras
Fase III : Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar (
1.







Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 orang dan menjelaskan kepada peserta didik hal apa saja yang harus mereka siapkan dan kerjakan dalam kegiatan tersebut dan menjelaskan bagaimana caranya bekerja sama dalam kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
Membentuk kelompok-kelompok belajar berdasarkan arahan guru



Dermawan, suka menolong, gotong royong, toleransi, bekerja sama, dan keadilan
Fase IV : Membimbing kelompok bekerja dan belajar (
1.








2.
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mengerjakan beberapa soal latihan 11, latihan 12, dan latihan 13 secara berkelompok.





Guru membimbing dan membantu setiap kelompok jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas.
Mengerjakan tugas kelompok dengan baik







Bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dan
mendengarkan bimbingan dengan baik
Tanggung jawab, suka menolong, gotong royong, toleransi, baik hati, rendah diri, jujur dan bekerja sama

Hormat, santun, dan pemberani


Fase V :                Evaluasi (
1.










2.










3.




4.
Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya, guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan jawaban berdasarkan hasil diskusi kelompok dengan diwakili oleh salah seorang anggota kelompok. Setiap kelompok mempresentasikan masing-masing 2 soal, agar tidak terjadi pengulangan pembahasan soal yang sama

Guru yang berperan sebagai moderator, motivator, dan fasilitator  memberikan kesempatan kepada kelompok  lain yang memiliki jawaban berbeda agar memberikan tanggapan.






Guru bersama dengan peserta didik mendiskusikan soal yang memiliki jawaban yang berbeda tersebut, hingga menghasilkan kesepakatan.

Setelah kegiatan presentasi hasil diskusi kelompok selesai, guru meminta kepada masing-masing kelompok untuk megumpulkan jawaban hasil diskusi dalam bentuk tertulis.
Salah seorang anggota kelompok dari masing-masing mempresentasikan hasil diskusi. Sedangkan, peserta didik lainya mendengarkan dengan seksama


Salah seorang anggota kelompok dari kelompok yang memiliki jawaban berbeda, menyampaikan tanggapannya, dan peserta didik lainya mendengarkan dengan seksama

Berdiskusi




Setiap kelompok mengunpulkan hasil diskusinya
Bertanggung Jawab, pemberani, percaya diri, dan kepemimpinan





Kritis dan kreatif  terhadap materi yang disajikan






ProAktif dan bekerja keras



Bertanggung jawab dan kejujuran




3.      Kegiatan Akhir (
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Karakter
Fase  VI :  Memberikan Penghargaan
1.






2.





3.







4.





5.

Guru memberikan penghargaan pada setiap kelompok dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menegaskan bahwa kesimpulan dari hasil diskusi kelas yang baru dilakukan adalah intisari atau rangkuman dari materi pelajaran yang baru dipelajari

Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada peserta didik dari soal-soal latihan 11, latihan 12, dan  latihan 13 yang belum diselesaikan dan dibahas dikelas.


Guru menginformasikan kepada peserta didik mengenai subpokok bahasan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya





Guru memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar




Guru menutup rangkaian pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dijawab oleh peserta didik.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.




Mendengarkan tugas yang diberikan




Mendengarkan informasi yang diberikan





Mendengarkan motivasi yang diberikan



Menjawab salam
Rasa percaya diri, tanggung jawab dan kejujuran



Kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, dan bijaksana

Keinginan untuk belajar, hormat, santun, kemandirian, tanggung jawab

Rasa percaya diri, bakerja keras, tanggung jawab

Cinta Allah, toleransi, hormat dan santun

G.          Penilaian
a.         Teknik                      :          Tes
b.        Bentuk Instrumen    :          Pertanyan tertulis uraian
c.         Prosedur Penilaian
·           Penilaian Kelompok   :    Kerjasama dalam kelompok dan
          kemampuan peserta didik untuk mempresentasekan hasil kerja kelompok
·           Penilaian Individu      :    Keaktifan peserta didik dalam kelompok dan
     mengerjakan dengan baik tugas yang diberikan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar